Sabtu, 23 April 2016

Jadilah Pembuat Keputusan yang Baik

Mahasiswa selalu identik dengan banyaknya aktivitas. Kegiatannya mulai dari tugas kuliah, rapat organisasi, aktivitas sosial, pengajian, kursus bahasa, bisnis dan lain-lain. Pilihan kegiatan yang mau dilakukan haruslah direncanakan dan dipikirikan dengan matang. Akan tetapi, jangan terlalu lama dalam membuat keputusan. Waktumu akan terbuang sia-sia dengan hanya segudang perencanaan tanpa adanya aksi nyata. Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa menjadi pembuat keputusan yang baik ?
Berikut 3 poin yang perlu kamu ketahui agar bisa mengambil keputusan dalam setiap perencanaan yaitu :
1.     Pengaruh dan berguna untuk masa depan.
Saat kamu membuat daftar perencanaan, cobalah pikirkan apakah kegiatan yang akan kamu lakukan nanti bisa berguna di masa depan? Jika iya, lakukan kegiatan tersebut. Aktivitas yang menuntun kamu ke arah masa depan perlu terus dilakukan secara berkala.
Apakah kursus bahasa Inggris perlu saya ikuti? Iya perlu karena bahasa Inggris menjadi modal saya untuk kuliah S2 di luar negeri.

Apakah menonton film tiap bulan di bioskop perlu saya lakukan ? Tidak perlu karena film yang mau ditonton akan segera tayang di televisi, kecuali sesekali saja untuk hiburan semata.

Dalam waktu sepekan, buatlah daftar kegiatan yang wajib dikerjakan. Dua pertanyaan ini bisa kamu jadikan acuan. Tanya pada hati kecilmu akan aktivitas yang harus dilaksanakan terlebih dahulu.

2.     Mendapatkan relasi
Ketika mempunyai agenda, cobalah liat kegiatan tersebut akan bermanfaat atau tidak. Agenda atau acara yang kita hadiri seharusnya bisa menambah relasi dan persahabatan.

Apakah saya perlu mengikuti seleksi student exchange ke Australia? Iya perlu, karena nanti saya mempunyai teman-teman yang berbeda latar belakang dan keunikan masing-masing.

Apakah saya perlu menghadiri acara seminar internasional tentang jurnalistik? Iya perlu, karena selain mendapat ilmu, saya akan bisa bertemu dengan jurnalis senior dan orang-orang yang sudah berpengalaman di bidang media.

Dari dua pertanyaan tersebut, kita bisa menghadiri atau mengikuti sebuah acara yang bisa menambah relasi juga. Banyak relasi akan menambah wawasan baru bahkan rezeki yang tak terduga.

3.     Biaya
Banyak orang yang berpikir dua kali untuk mengeluarkan uang demi kebaikan dirinya sendiri. Alasannya berbagai macam dan terkadang beralasan uang kita sedikit. Sebagai mahasiswa, kita harus pandai-pandai menabung dan berinvestasi untuk masa depan. Jika ada tambahan uang dari hasil kerja, itu justru lebih bagus lagi. Akan tetapi, pekerjaan sampingan kita jangan sampai mengganggu kuliah kita.

Apakah kita perlu berlangganan koran X tiap bulan? Iya perlu, karena untuk mengetahui kabar terupdate dan mengkritisi isu-isu nasional serta international.

Apakah perlu menghabiskan uang untuk membeli handphone tiap tahun? Tidak perlu, karena masih ada kebutuhan lain yang harus diprioritaskan.


Tiga poin secara urut tersebut menjadi tips buat kamu untuk be a good decision maker! Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar