Minggu, 03 September 2017

YUK SIMAK CARA CERDAS MENGKOMSUMSI DAGING QURBAN

Hari Raya Idul Adha, atau yang dikenal juga dengan sebutan Hari Raya Qurban dan Hari Raya Haji, diperingati setiap tanggal 10 bulan Dzulhijjah, yang pada tahun ini jatuh pada tanggal 1 September 2017.Hari raya Idul Adha sangat dinanti para umat Muslim.  Pasalnya, momen ini tidak hanya mengumpulkan keluarga untuk bertemu. Tapi kamu juga bisa makan daging sapi dan kambing lebih banyak dari hari-hari biasanya.
Khususnya masyarakat Indonesia, daging sapi dan kambing inilah yang menjadi hidangan utama. Ada sate kambing, gulai, sup dll. Daging merupakan sumber protein yang baik dan mudah diserap tubuh. Tak hanya itu, terdapat mineral-mineral penting pada daging untuk proses dalam tubuh seperti zat besi (Fe), seng (Zn), mangan (Mn).

Orang-orang yang mempunyai anemia sangat bagus mengonsumsi daging karena kandungan zat besinya. Selain kaya mineral, daging juga mengandung vitamin penting seperti vitamin (B1), riboflavin (B2), dan niasin (B3). Akan tetapi, jika memakan daging secara berlebihan, kesehatanmu akan terganggu. Hari raya Idul Adha kurang nikmat, jika kamu menghindari makan daging, bukan ? Berikut tips cerdas mengkonsumsi daging qurban

  1. Kelola daging menjadi sup

Pilihan terbaik untuk mengolah daging adalah dengan membuatnya menjadi sop/ sup. Jumlah kalori pada sop lebih sedikit karena dimasak menggunakan air dan sayuran yang ada pada sop.

  1. Seimbangkan dengan acar

Jika kamu tidak ingin memakan sup, maka olahlah daging itu dengan cara disate. Tapi, seimbangkan makanan yang sudah kamu siapkan dengan acar. Buatlah acar campuran mentimun, bawang merah dan wortel. Acar ini bisa menjadi penyeimbang kenaikan kolesterol dalam darah. Ketika kamu menyantap sate kambing, campurkan acar pada kecap yang dibuat.

  1. Jangan lupa minum teh hijau

Sebagai pelengkap hidangan, siapkan teh hijau sebagai minuman. Teh hijau mengandung katekin yang ampuh membersihkan kolesterol jahat. Akan tetapi, jika kamu tidak mempunyai stok teh hijau, kamu tetap bisa memakai teh jenis apapun. Namun buatlah teh tawar saja, hal ini untuk  menjaga kadar kolesterol pada tubuh

  1. Tetap meminum air putih

Apapun makanannya, minum air putih menjadi wajib bagi kamu. Sekitar 60 % dari tubuh manusia terdiri dari air. Minum cukup air akan mempertahankan keseimbangan cairan tubuh, yang membantu transportasi nutrisi dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, mencerna makanan, dan masih banyak lagi. Secara rata-rata, untuk wanita dewasa, disarankan untuk minum sekitar delapan gelas berukuran 200 ml per hari atau total 1,6 liter. Sedangkan, pria disarankan untuk minum sekitar 10 gelas berukuran 200 ml atau total 2 liter tiap hari.

Syarifah Zahrina Firda/berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar