Senin, 21 Agustus 2017

"MERAJUT ASA DENGAN PENA" DI PESANTREN FATHURRABBANI



Halo Sobat Atnews, kamu masih belum suka menulis? Kalau belum, kamu perlu menelisik santriawan dan santriwati ini. Berawal dari minat yang tinggi, Pondok Pesantren Fathurrabbani bekerjasama dengan tim KKN Skyline UIN Jakarta menggelar pelatihan menulis. Bertemakan “Merajut Asa dengan Pena”, para santri ingin sekali mengenal dunia kepenulisan khususnya bidang jurnalistik. Marini dan Syarifah Zahrina Firda hadir sebagai pemateri, mewakili tim media Atnews.
Selama dua jam kegiatan berlangsung seru, asyik dan menyenangkan. Para santri sangat antusias dengan pemaparan materi-materi yang diberikan. Dimulai dari suguhan video kegiatan tim Atnews, mata santriawan dan santriwati pun berbinar. Pasalnya, tayangan yang ditonton menyuntik semangat mereka.
Firda sebagai pemateri pertama pun menjelaskan isi dalam video tersebut.  Selain itu, terdapat kegiatan-kegitan yang dilakukan komunitas Juke (Jurnalis Kece) di dalam tim Atnews. Kegiatan tersebut berupa wawancara ngejarnarasumber bule dan seorang tokoh, liputan bareng ke suatu tempat, jalan-jalan sekaligus liputan, syukuran hari jadi atnews dll. Firda juga sharing mengenai manfaat menulis dan tips agar suka menulis.
                                       
Setelah Firda, Marini pun melanjutkan pemaparan tentang Straight news dan Feature. Isi dari materi ini begitu dalam, padat dan lengkap. Meski kegiatan dilaksanakan pada hari Minggu (21/08) siang hari, para santri tetap melebarkan telinga demi memahami ilmunya. Tak hanya itu, ketika melakukan praktek menulis, para santri juga sangat cekatan menggerakkan pena di secarik kertas. Mereka berlomba-lomba mengumpulkan lebih awal, dengan ide segar yang sudah dipikirkan.
Di akhir sesi pelatihan, terpilih 3 tulisan staight news dan 3 tulisan feature terbaik yang kemudian mendapatkan hadiah menarik. Masing-masing peserta  diberi kesempatan membacakannya di depan kelas. Meski tak semua mendapatkan hadiah, para santri tetap terus belajar mengembangkan karya tulisannya. Hasil dari kegiatan yang berlangsung di Desa Carenang, Cisoka, Tangerang ini,  membuat OSIS Pesantren Fathurrabbani mem follow upkegiatan ekstrakurikuler jurnalistik dan ingin menghasilkan karya-karya tulisan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. 


You can see at http://www.aktualitangsel.com/2017/08/merajut-asa-dengan-pena-di-pesantren.html 

0 komentar:

Posting Komentar