Rabu, 06 Mei 2015

Good quality untuk menjadi a succes leader (berempati dari hatimu yang paling dalam)



Apa yang membuat orang ingin mengikuti seorang pemimpin ? mengapa orang enggan menaati pemimpin yang satu, sementara dengan senang hati melakukan apa saja untuk menyenangkan pemimpin lain ? apakah yang membedakan para ahli teori kepemimpinan dengan para pemimpin yang benar-benar sukses dan efektif memimpin di dunia nyata ? jawabannya ada didalam kualitas karakter individu yang bersangkutan. So, bagaimana menjadikan kualitas diri kita sebagai pemimpin yang sukses ?
Didalam buku “the 21 indispensable : qualities of a leader” karangan John C. Maxwell, dia memaparkan ada 21 ciri pokok seorang pemimpin untuk membuat orang lain ingin mengikuti pemimpin tersebut. tetapi, 21 ciri pokok ini bisa dirangkum menjadi 3 hal penting yaitu :
1.     Karismatik dan berkarakter
Dua hal dalam satu kondisi yang sangat diperlukan. Bakat adalah karunia, karakter adalah sebuah pilihan. Kamu harus menciptkan karakter didalam didalam dirimu. Ketika kamu mempunyai good karakter, karismatikmu muncul didalam hati pengikutmu. Mereka melihat dirimu seakan-akan mempunyai kualitas nilai “10”.
2.     Kejujuran
Katakanlah yang jujur, meski itu pahit. Seorang pemimpin dituntut berkata jujur, bahkan dalam perbuatannya. Terbukalah kepada semua orang, tanpa harus melunturkan norma yang berlaku. Lalu, dalam menasihati seseorang, kamu harus terbiasa dengan cara yang menyenangkan. Itu nilai plus untuk pemimpin.
3.     Kemampuan menjalin hubungan dengan orang lain
Berkomunikasilah dengan cara yang sederhana. Disamping kamu memberikan informasi-informasi kepada orang lain, tunjukan sikap empatimu. Mereka akan merasa dipahami oleh mu.
Sebuah kepemimpinan adalah untuk mempengaruhi aspek sosial. jika kamu ingin menjadi pemimpin sukses, kamu harus belajar dari 3 hal, yaitu :
1.     Dari buku dan sekolah
Pendidikan formal, seminar, lingkungan sekolah dan membaca secara teratur bisa memberikan informasi dan wawasan yang bernilai. Buku-buku, teori atau pun kelas memberikan bantuan untuk pengembangan kemampuan kepemimpinanmu

2.     From example or models
You have to see the good leader arround you. How are they leadership ?Is it good models for being a good leader ? Try to make your methods or techniques is as same as him/her methods
Kamu harus mencari pemimpin terbaik disekitar lingkunganmu.
3.     From experience
It is the important thing. Ask yourself how much of your leadership approach and skill you have learned from your experience. How many people yang mempercayaimu ? ketika kamu menyadari banyak atau tidaknya orang-orang disekitarmu yang percaya padamu, kamu akan mengetahui betapa penting atau tidaknya dirimu. Pelajari what people want in a leader.

Semakin kamu mau meningkatkan kualitas pribadimu, semakin kamu akan menjadi pribadi yang baik. seseorang yang pribadinya baik mempunyai kesempatan untuk menjadi seorang pemimpin seperti pemimpin di lingkunganmu, salah satu pemimpin di pemerintahan dll. Tapi jangan lupa bahwa kamu harus bisa memimpin dirimu sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar